Surau TV

Banner

Sering cemas dapat memicu penuaan?

Image
Saturday, 10 October 2015 | 12:35:48 WIB


Hampir seluruh orang termasuk Anda memiliki kecemasan dan ketakutan tentang apa yang akan terjadi di hidupnya dalam hidup. Tetapi tahukah Anda bahwa kecemasan tersebut malah dapat membuat Anda menjadi tua lebih cepat?

Dilansir dari Psychology Today, penelitian di Belanda menunjukkan bahwa rasa cemas dan khawatir dapat mempercepat penuaan. Gejala penuaan ini akan membuat telemore dalam kromosom memendek. Memendeknya telemore karena kecemasan dapat memicu penuaan yang lebih cepat dalam tubuh.

Rasa kecemasan berlebih ini dapat membuat penuaan menjadi lebih cepat sebanyak 3,5 hingga 8 tahun, tergantung dari besarnya rasa cemas. Selain itu rasa cemas yang berlebihan mampu membuat penuaan dini terjadi sekitar 3,5 hingga 8 tahun lebih cepat.

Tentu saja hal ini mengerikan bukan? oleh karena itu agar Anda tidak menjadi tua lebih cepat atau bahkan mati muda, coba cari cara terbaik untuk mengurangi kecemasan Anda. Anda bisa melakukan berbagai macam hobi yang menyenangkan. Serta, jangan sungkan untuk curhat dengan orang terdekat atau memperbanyak ibadah untuk membuat hidup Anda lebih tenang.

Singkatnya Anda harus lebih menikmati hidup agar tidak cepat menjadi tua.(merdeka)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...