Pimpinan KPK Dipolisikan, Pakar Hukum Pidana: Ini Lucu

Image
Monday, 13 November 2017 | 01:55:49 WIB 230

Jakarta(nusapos.com)-Pengacara Setya Novanto melaporkan dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dan Saut Sitomorang serta sejumlah penyidik ke Bareskrim Mabes Polri. Pihak Setya Novanto melaporkan Agus dan Saut terkait dengan dugaana pemalsuan surat. Bahkan pihak Bareskrim telah mengeluarkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP). 

Pakar Hukum Pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fikar Hajar menilai ‘lucu’ dengan dilaporkannya Agus dan Saut pasalnya keduanya bekerja tidak atas nama pribadi.

“Nah itu jadi lucu. Lucunya yang di laporkan kan Saut dan Agus. Mereka bekerja bukan atas nama pribadi tetapi lembaga. Mereka bekerja kolektif kolegial meskipun yang tanda tangan permohonan pencegahan ke luar negeri tetapi itu hasil rapat lima komisioner sehingga lucu. Itu bukan pekerjaan orang per orang tetapi lembaga penegak hukum,” kata Abdul dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Sabtu (11/11/2017).

Dia meminta pihak Kepolisian berhati-hati untuk tidak gegabah menetapkan status tersangka.

“Polisi harus berhati-hati dan tidak bisa serempangan menetapkan tersangka. Itu kan yang di laporkan penegak hukum. Polisi harus berhati-hati. Satu peristiwa itu banyak tafsir,” ujarnya. 


Sumber : Rri

Laporan : -

Editor : Red


loading...