Surau TV

Banner

Tiga Kali Berturut-turut

Pemko Pekanbaru Raih Opini WTP Tahun 2018

Image
Tuesday, 28 May 2019 | 18:45:02 WIB


Pekanbaru, Nusapos - Pemerintah Kota Pekanbaru kembali memperoleh prediket opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Riau, terhadap Laporan Keuangan Pemerintah (LKP) Kota Pekanbaru tahun 2018. 

Hasil pemeriksaan ini diterima langsung WaliKota Pekanbaru, DR Firdaus, Senin (27/5/2019), di aula Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau. Ini merupakan penerimaan ketiga secara berturut-turut sejak tahun 2016 Pemko Pekanbaru raih WTP.

Penyerahan ini setelah ada pemeriksaan neraca Pemerintah Kota Pekanbaru per 31 Desember 2019. Kemudian pemeriksaan sejumlah laporan lainnya. Ada Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas untuk tahun yang terakhir pada tanggal tersebut serta catatan atas laporan keuangan.

Prediket Opini Wajar Tanpa Pengecualian ini merupakan yang ketiga kalinya, diterima Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru secara berturut-turut dari BPK RI Perwakilan Riau. Pemberian opini ini berdasarkan surat yang dikirimkan BPK RI Perwakilan Riau, nomor 87/S/XVIII.PEK/05/2019 perihal laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2018, BPK memberikan opini atas laporan keuangan pemerintah kota Pekanbaru tahun 2018 adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Semoga ini menjadi motivasi untuk penyelenggaraan keuangan pemerintah yang lebih baik," jelas Firdaus usai menerima hasil audit BPK Perwakilan Riau bersama jajaran, Senin sore. Menurutnya, capaian WTP ini adalah ketiga kalinya bagi Pemerintah Kota Pekanbaru. LKP Kota Pekanbaru tahun 2016 dan LKP Kota Pekanbaru tahun 2017 juga memperoleh WTP.

Walau demikian, Firdaus mengajak jajaran pemerintah kota tidak berpuas diri. Ia menilai masih ada sejumlah catatan perbaikan, terutama dalam pengelolaan aset pemerintah kota. Ia menilai harus ada upaya meningkatkan penatausahaan keuangan dan aset. "Jadi opini WTP kali ini tidak cukup di sini saja. Nantinya harus ada upaya menyempurnaan penyelenggaraan pemerintah di masa datang," terangnya.

Penerapan IT juga jadi inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah. Firdaus pada kesempatan itu juga menyebut bahwa opini yang diperoleh atas kerjasama pemerintah kota dengan BPK Perwakilan Provinsi Riau. Firdaus mengakui, meski ada beberapa kelemahan dari raihan predikat WTP tersebut, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perwakilan BPK serta seluruh auditor yang telah bekerja mendampingi Pemko Pekanbaru.

“WTP yang diperoleh ini ada andil dan kontribusi dari BKP, untuk itu kami ucapkan terimakasih. Dalam kesempatan ini, saya pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh OPD serta staf yang telah bekerja siang malam dalam menyusun laporan keuangan,” pungkasnya. (Advertorial/Humas Pemko Pekanbaru)

Sumber : Advertorial/Humas Pemko Pekanbaru

Laporan : yf

Editor : Red

loading...