Surau TV

Banner

Wako : Panggung Seni Rakyat adalah Wadah Untuk Menunjukkan Bakat Serta Kreatifitas

Image
Friday, 16 August 2019 | 16:15:53 WIB


DUMAI, NUSAPOS - Walikota Dumai, H. Zulkifli AS menyebutkan bahwa Panggung Seni Rakyat merupakan wadah untuk menunjukkan bakat serta kreatifitas yang dimiliki oleh masyarakat serta generasi muda saat ini.

Demikian disampaikan Walikota Dumai, H. Zulkifli AS dalam pidatonya yang diwakili H. Syamsuddin saat membuka panggung seni rakyat lomba membuat dan menaikkan layang - layang tingkat Sekolah Dasar (SD) yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai bekerjasama dengan Sanggar Layang - Layang Purnama, Kamis sore (15/8/2019) bertempat di Pantai Purnama.

Ia mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, selain mampu memberikan inspirasi untuk yang lainnya, juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk menunjukkan bahwa disekitar kita ternyata masih banyak anak - anak yang berbakat dan kreatif dan tentunya hal itu harus kita kembangkan.

Menurutnya, kesadaran untuk terus menerus mengembangkan dan melestarikan seni budaya pada hakikatnya, bukan hanya tanggung jawab satu pihak, melainkan tanggung jawab bersama, baik itu seniman, budayawan, masyarakat maupun pemerintah.

“Selain itu juga sebagai wujud penghargaan dan kecintaan terhadap budaya warisan leluhur, juga ajang untuk membangkitkan kembali khasanah seni daerah ditengah gempuran budaya dari barat yang kadang tidak sesuai dengan budaya daerah atau bangsa Indonesia,” sebutnya.

Untuk itu, Dia berharap seniman, budayawan, cendekiawan, usahawan dan masayrakat untuk pro aktif dalam memprakarsai dan menyokong upaya - upaya pengembangan seni dan budaya melalui berbagai kegiatan, diantaranya, frekuensi pentas seni dan budaya daerah, mengemas seni budaya dalam karya seni kreatif dan menarik, dan pengenalan seni dan budaya kepada masyarakat diperluas.

“Dengan menyalurkan bakat seni pada tempatnya, sehingga menghasilkan kreativitas seni dan dapat menghindarkan dari aktivitas - aktivitas negatif, terutama pada generasi muda kita. Tentunya kreativitas seni dengan tidak melupakan akar budaya kita sendiri,” tukasnya.

Hadir pada pembukaan panggung seni rakyat lomba membuat dan menaikkan layang - layang tingkat Sekolah Dasar, Sekretaris Disdikbud Kota Dumai, Dedi, Kabid Kebudayaan Disdikbud, Noerzam, Pengurus Sanggar Layang - Layang Purnama, Guru Pembimbing serta puluhan peserta se Kecamatan Dumai Barat.

Sumber : -

Laporan : Dika

Editor : Red

loading...